No module Published on Offcanvas position

SD Negeri 173582 Sigumpar Menerima Mahasiswa USU Melaksanakan Magang Mandiri

Medan - Sastra Batak USU : Drs. Jekmen Sinulingga, M.Hum selaku Ketua Program Studi Sastra Batak FIB Universitas Sumatera Utara Medan dengan bangga menerima tawaran dari pihak sekolah SD Negeri 173582 Sigumpar dalam program Magang Mandiri dimana Program tersebut berbentuk kegiatan mengajar selama beberapa bulan. Dalam hal ini disambut baik oleh Program Studi dan sudah terlaksana dengan baik selama 3 periode berlanjut sejak disepkati kerja sama tersebut. sebut saja salah satu Mahasiswa (Desima, Angkatan 2018) yang sudah menyelesaikan program tersebut. Beliau memberikan infomasi yakni selama melaksanakan kegiatan banyak hal baru yang diterima selain di perkuliahaan salah satunya yakni mengajarkan mata pelajaran muatan lokal pada kelas IV B. Pada mata pelajaran muatan lokal atau di SD Sigumpar biasa disebut dengan bahasa daerah. Mahasiswa magang mengajarkan aksara Batak Toba kepada para siswa yaitu mulai dari siswa kelas satu sampai siswa kelas enam.

Mata pelajaran muatan lokal masuk selama satu jam dalam setiap minggunya. Adapun yang diajarkan oleh mahasiswa magang kepada siswa SD Sigumpar 2 yaitu mulai dari pengenalan bahasa daerah, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan aksara Batak Toba mulai dari indung ni surat hingga anak ni surat, selanjutnya cara penggunaan indung ni surat dan anak ni surat hingga para siswan bisa menggunakan aksara Batak Toba.

WhatsApp Image 2022 08 13 at 13.17.00

Pada gambar di atas mahasiswa magang memberikan motivasi dan cara beretika. Pada gambar di atas terlihat bahwa siswa dan mahasiswa magang menjalin komunikasi yang hangat yaitu berdiskusi. Karena selain sebagai guru, mahaiswa magang juga merangkap sebagai kaka dari siswa supaya siswa/siswi yang ada di SD Sigumpar 2 semakin terbuka dan semakin bersemangat dalam menuntut ilmu. Jadi melalui kegiatan tersebut mahasiswa magang memberikan motivasi yang membangun serta mengajari siswa-siswi bagaimana cara bertatak rama dan bertingkah laku yang sopan.

Harapan desima, semoga program ini berlanjut ke esok harinya. 

#Salam Literasi