No module Published on Offcanvas position

Mahasiswa Program Studi Ikuti Program Kampus Mengajar Periode IV Tahun 2022

Medan - Sastra Batak USU : Dian Putri Naibaho adalah mahasiswa Program Studi Sastra Batak yang sedang mengikuti Program Kampus Mengajar Periode IV dimana angkatan 2019 ini aktif mengajar dilokasi yang dudah ditentukan. Adapun lokasi mengajarnya adalah di SMP Swasta Al-washliyah 31 Medan. Program Kampus Mengajar adalah sebuah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama 1 (satu) semester untuk membantu para guru dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdampak pandemi. Melalui program ini, mahasiswa bisa membaktikan ilmu, keterampilan, serta menginspirasi para murid sekolah dasar dan menengah tersebut untuk memperluas cita-cita dan wawasan mereka. Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempaatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

WhatsApp Image 2022 08 19 at 15.48.25

Dian menyebutkan bahwa dalam melaksanakan program ini mereka selayaknya menjadi sosok guru di kelas, dan dalam aktivitas mereka, banyak dilakukan antara lain melakukan sosialisasi lebih dalam lagi dengan pihak sekolah terkait apa yang dimaksud dengan Kampus Mengajar, Apa manfaat Kampus Mengajar itu, serta bagaimana peran dan tugas kami sebagai mahasiswa dalam program Kampus Mengajar itu. Lalu dilanjut dengan diskusi bersama Bapak dan Ibu guru SMP Swasta Al-washliyah 31 terkait Program Kampus Mengajar Angkatan 4. Kemudian dilanjut dengan observasi terhadap lingkungan sekolah mulai dari dalam ruangan hingga ke luar ruangan. Termasuk juga siswa-siswi Smp Swasta Al-washliyah 31 yang akan kami observasi melalui pendekatan-pendekatan mulai dari mengenal mereka satu persatu kemudain melihat kemampuan mereka dalam bidang literasi dan numerasi. 

 WhatsApp Image 2022 08 31 at 11.13.35

Dan sesuai hasil observasi yang kami dapat dari mereka salah satunya adalah bahwa masih ada beberapa siswa yang belum pandai membaca dan perkalian dasar. Sehingga dari itu, kami tim Kampus Mengajar dapat merancang program kerja apa yang akan kami buat satu Minggu kedepan. Untuk pelaksanaan program awal di mulai pada Minggu kedua. Kemudian di Minggu kedua penugasan, kami tim Kampus Mengajar mulai melaksanakan kegiatan pembelajaran literasi dan numerasi dikelas. Untuk beberapa siswa yang belum bisa membaca kami berkolaborasi dengan beberapa guru pengampu mata pelajaran untuk membuat kelas terpisah agar beberapa siswa yang membutuhkan pembelajaran dapat lebih fokus belajar guna peningkatan literasi mereka. 

WhatsApp Image 2022 08 31 at 11.13.35 1